Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya Obat Herbal - Pusat Obat Manjur

Home Cara Pemesanan Informasi Dokter Tentang Kami

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya _ Dermatitis merupakan kelainan kulit yang subyektif ditandai oleh rasa gatal dan secara klinis terdiri atas ruam polimorfi yang umumnya berbatas tidak tegas.

  • Gambaran klinisnya sesuaidengan stadium penyakitnya.
  1. Kadang-kadang terjadi tumpang tindih penggunaan istilah eksim dengan dermatitis.
  2. Sebagian ahli menyamakan arti keduanya,
  • Sebagian lain mengartikan
    eksim sebagai salah satu bentuk dermatitis, yakni
    dermatitis atopik tipe infantil.
  • Untuk itu, istilah
    dermatitis tampak lebih tepat.
  • Istilah eksematosa digunakan untuk kelainan yang ‘membasah’ (kata eksim berasal dari bahasa Yunan‘ekzein yang berarti ‘mendidih’),
    yang ditandai adanya eritema, vesikel, skuama dan krusta, yang menunjukkan
    tanda akut. Sedangkan adanya hiperpigmentasi dan
    likenifikasi menunjukkan tanda kronik.

Untuk nama dermatitis, berbagai klasifikasi antara lain berdasarkan kondisi
kelainan, lokasi kelainan, bentuk kelainan, usia penderita dan laina,

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya

Sebagai Contoh :

  1. Tempat kelainan misalnya dermatitis anus, dermatitis seboroik, dermatitis perioral, dermatitis popok, dermatitis perianal, akrodermatitis, dermatitis generalisata, dll.
  2. Kondisi kelainan misalnya dermatitis akut, subakut dan kronis atau dermatitis madidans (membasah) dan dermatitis sika (kering),
  3. Penyebab misalnya dermatitis kontak iritan, dermatitis kontak alergik, dermatitis medikamentosa, dermatitis alimentosa, dermatitis venenata, dermatitis stasis, dan sebagainya,

Baca Juga : Bintik Gatal Pada Kulit Yang Semakin Menyebar

BROTOWALI ( Tinosporae Caulis )

BROTOWALITumbuhan ini menyukai tempat panas, berupa perdu memanjat, tinggi batang sampai 2,5 m. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat yang rasanya pahit seperti sirih Daun tunggal, bertangkai, berbentuk seperti jantung atau agak bundar seperti telur dengan ujung lancip, panjang 7-12 cm, lebar 5-10 cm, bunga kecil, berwarna hijau muda. Selain itu, Bratawali juga dapat diperbanyak dengan stek.

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya – Tanaman Bratawali merupakan tanaman obat yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama dalam penyembuhan berbagai penyakit dalam maupun luar. Pemanfaatan dari tanaman Bratawali ini banyak terdapat pada bagian batang tanaman. Biasanya bagian batang tanaman perlu direbus dahulu kemudian air rebusan batang bratawali dipakai untuk mencuci luka.

Kulit-batangnya mengandung zat-zat seperti alkaloid dan damar lunak berwarna kuning sedang akarnya mengandung zat berberin dan kolumbin. Kandungan alkaloid berberina berguna untuk membunuh bakteri pada luka.

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya – Zat pahit pikroretin dapat merangsang kerja urat saraf sehingga alat pernapasan bekerja dengan baik dan menggiatkan pertukaran zat sehingga dapat menurunkan panas. Selain sebagai obat, bratawali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan menurunkan kadar gula dalam darah, sebagaimana penemuan pada abad ke-20. Sebagai obat, bratawali biasa direbus dan diminum ataupun dioleskan pada kulit untuk luka luar.

Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bratawali ialah rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.

Sumber. https://id.wikipedia.org/wiki/Bratawali

TAPAK LIMAN ( Elephantopi Folium)

tapak limanMakroskopik : Daun tunggal, warna hijau tua sampai hijau kelabu, rapuh, bentuk jorong sampai bulat telur sungsang, ujung runcing, pangkal daun mengecil, panjang daun 5cm sampai 25cm, umumnya 20cm, lebar 2cm sampai 7cm, umumnya 5cm. tepi daun tidak berlekuk atau berlekuk tidak beraturan, bergerigi tidak rata, permukaan daun berambut. Pada permukaan bawah, tulang daun lebih menonjol dari pada permukaan atas. Tangkai daun, panjang lebih kurang 2cm, berbentuk seperti pelepah, bagian pangkal membungkus batang.

Epidermis atas, jernih, pada penampang tangensial berbentuk persegi panjang sampai poligonal dengan dinding samping lurus atau agak bergelombang. Sel epidermis bawah lebih kecil dari sel epidermis bawah. Stomata tipe anomositik (ranunculaceae) terdapat lebih banyak di epidermis bawah daripada di epidermis atas. Rambut penutup terdiri dari rambut penutup berdinding tebal dan rambut penutp berdinding tipis; rambut penutup berdinding tebal mempunyai sel pangkal lebar dan 1 sel ujung yang panjang, berbentuk kerucut ramping dan ujung sel tebal, runcing, rongga sel kadang-kadang berwarna kuning kecoklatan; rambut penutup berdinding tipis terdiri dari 2 sel dengan sel pangkal lebih kecil dan lebih pendek dari sel ujung.

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya _ Rambut penutup berdinding tebal pada epidermis atas umumnya lebih panjang daripada yang terdapat di epidermis bawah. Panjang rambut penutup 270 m sampai 1.650m, umumnya 400m sampai 550m. Rambut kelenjar tipe Asteraceae (Compositae), terdapat epidermis atas dan bawah. Jaringan palisade terdiri dari 1 sampai 2 lapisan sel silindrik. Jaringan bungakarang terdiri dari beberapa lapis sel bungakarang yang tersusun agak rapat. Di dalam mesofil dan didalam jaringan parenkim dari tulang daun terdapat hablur kalsium oksalat berbentuk roset dan prisma. Berkas pembuluh tipe kolateral.

Baca Juga : Bintik Kecil Pada Kaki Berwarna Merah Gatal Dan Berair

Serbuk : warna hijau tua. Fragmen pengenal adalah rambut penutup berdinding tebal, utuh atau terpotong-potong, kadang-kadang dengan gelembung udara; rambut penutup berdinding tipis; fragmen epidermis atas dan epidermis bawah; serabut sklerenkim; hablur kalsium oksalat berbentuk roset dan prisma; pembuluh kayu denangan penebalan tangga dan spiral.

Sumber. http://penjagaobat.blogspot.co.id

KENCUR ( Kaempferiiae Rhizoma )

KENCURRESEP TRADISIONAL

1. Obat untuk masuk angin

Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.

2. Menghilangkan darah kotor

Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.

3. Mengobati radang lambung

Dua rimpang kencur dicuci bersih. Kupas kencur lalu dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

4. Mengobati keseleo

Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

5. Mengobati mulas pada perut

Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari

6. Sebagai obat batuk

Dua rimpang kencur di cuci bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

7. Mengobati diare

Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

Selain manfaat di atas, kencur juga dipercaya dapat menjadi salah satu herbal yang berperan penting bagi tubuh manusia seperti :

  • Anti kanker
  • Baik untuk pencernaan
  • Bumbu masakan
  • Baik untuk kulit
  • Mengobati peradangan usus
  • Membutuh bakteri dalam usus
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membuang racun dalam tubuh
    sebagai anti oksidan
  • Menjadi sumber serat

Sumber : https://smkfarmasiku.wordpress.com/

CAKAR AYAM (Selaginella doederleinii)

cakar ayamMorfologi tumbuhan-Batang tegak, tinggi 15-35 cm, akar keluar pada percabangan. Daunnya kecil-kecil, panjang 4-5 mm lebar 2 mm, bentuk jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua, bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri kanan batang induk sampai ke percabangannya yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya (Dalimartha, 1999).

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya – Cakar Ayam mempunyai habitus terna, merayap, sedikit tegak. Batang bulat, liat, bercabang-cabang menggarpu, tanpa pertumbuhan sekunder dan putih kecoklatan. Daun tunggal, tersusun dalam garis sepanjang batang, berhadapan, panjang 1-2 mm, halus dan hijau. Spora 28 berupa sporangium tereduksi diketiak daun dan berwarna putih. Akar serabut, muncul dari batang yang berdaun dan berwarna coklat kehitaman.

Penelitian Antikanker –

Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa Selaginella doederleinii Hieron. Dapat menghambat sarkoma dan kanker serviks pada tikus dan sel L yang diisolasi dari kanker hati manusia (Dalimarta, 1999). Pada penelitian lain disebutkan bahwa Selaginella doederleinii bersifat sitotoksik terhadap sel murine (Lin et al., 1994). Selain itu, Selaginella doederleinii dilaporkan mempunyai aktivitas antimutagenik terhadap salmonella terinduksi karsinogen benzo pyren (Lee & Lin, 1988). Widodo (2006) melaporkan bahwa ekstrak kloroform dan metanol S. doederleinii bersifat toksik terhadap larva Artemia salina Leach dengan nilai LC50 sebesar 216,32 ± 39,63 µg/ml untuk ekstrak kloroform dan 223,34 ± 19,64 µg/ml untuk ekstrak metanol. Nurwaini (2006) juga melaporkan bahwa ekstrak kloroform, etanol dan etil asetat S. doederleinii mempunyai potensi sebagai antiradikal dengan nilai IC50 sebesar 51,24 µg/ml untuk ekstrak etil asetat, 95,26 µg/ml untuk ekstrak etanol dan 135,75 µg/ml untuk ekstrak kloroform.

Sumber : http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya

OBAT HERBAL DARI ESKTRAK

Brotowali

Tapak Liman

Kencur

Daun Cakar Ayam

bd baru

Untuk mendapatkan Obat 2 BD ( Bersih Darah ) Dan Salep Gatal denature silahkan hubungi kami

Harga Satu Paket Rp. 295 000

087-728-448-224 & 081-215-366-621
WA : 087-728-448-224
Pin by Request

Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya
Artikel "Pengertian Dermatitis Dan Cara Penanganannya" ditulis oleh admin update terakhir pada 2nd Maret 2017 Categories: Obat Eksim Tags: , permalinks http://www.pusatobatmanjur.com/2017/03/02/pengertian-dermatitis-dan-cara-penanganannya/ di Pusat Obat Manjur

Related Posts:

Leave your comment here:

You must be logged in to post a comment.

PENCARIAN

KONTAK KAMI

customer service SARIP BARU

REKENING

Rekening an Awan Ukaya.

Home Sitemap About Me Privacy Policy TOS


2014 - Pusat Obat Manjur